Mengenal Peristiwa Bitcoin Halving dan Cara Kerjanya

Lutfi

Mengenal Peristiwa Bitcoin Halving dan Cara Kerjanya
Mengenal Peristiwa Bitcoin Halving dan Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Kejadian atau peristiwa yang dikenal sebagai “Bitcoin Halving” terjadi ketika hadiah blok dipotong menjadi dua. Ada hadiah setengah-setengah dalam blok setiap 210.000 blok.

Peristiwa separuh ini hanya akan terjadi ketika setengah dari pasokan mata uang sudah beredar. Halving akan berulang ketika setengah dari sisa persediaan koin beredar, dan terus seperti itu setiap 4 tahun sesuai dengan algoritme.

Istilah “halving”, yang mengacu pada pengurangan separuh secara berkala dari jumlah Bitcoin yang beredar, terkenal di kalangan penggemar dan penambang Bitcoin.

Dengan separuh pasokan, jumlah Bitcoin yang tersedia akan berkurang seiring waktu, yang dapat menaikkan harga jika minat tumbuh.

Cara Kerja Bitcoin Halving

Pengurangan separuh hadiah blok Bitcoin pertama terjadi pada 28 November 2012 ketika turun dari 50 BTC menjadi 25 BTC. Pada 9 Juli 2016, nilainya dibelah dua lagi, dari 25 BTC menjadi 12,5 BTC.

Yang berikutnya akan berlangsung pada Mei 2020, menurut proyeksi saat ini. Ini akan menghasilkan separuh dari pembayaran Bitcoin saat ini, yaitu 12,5 bitcoin.

Garis Waktu Efek Bitcoin Halving Harga

Halving pertama terjadi pada 28 November 2012, ketika harga BTC tumbuh dari harga sebelumnya hanya $11 per BTC menjadi $1.100 per BTC, menurut urutan kronologis.

Kemudian halving kedua terjadi pada Juli 2016 dengan harga BTC naik dari $576 menjadi $650 di tengah meningkatnya minat pada komoditas ini.

Setahun kemudian pada 9 Juli 2017, BTC meledak menjadi $2.500, dengan angka ini BTC telah naik sebesar 434 persen. Hadiah blok diprediksi menjadi 0 pada tahun 2140.

Halving kedua akan berlangsung pada tahun 2020, dan penambang hanya akan mendapatkan 6,25 BTC untuk setiap keberhasilan penambangan setelahnya. Setahun kemudian, harga Bitcoin telah naik menjadi $68.000, tertinggi sepanjang masa. Pada tahun 2140, hadiah blok diharapkan menjadi nol.

Penggunaan dan Konsekuensi dari mengurangi separuh Bitcoin

Ketika berbicara tentang raja aset kripto, mengurangi separuh nilainya mungkin merupakan cara yang efektif untuk mempertahankan kendali. Satoshi Nakamoto hanya merilis 21 juta koin dari awal waktu; ini tidak lebih dan tidak kurang. Interval gol untuk setiap blok adalah 10 menit.

Halving Bitcoin adalah peristiwa bersejarah bagi pengguna Bitcoin, pada saat itu harga BTC biasanya akan naik baik setelah atau sebelum halving. Saat ini, bitcoin menjadi lebih populer dan diminati di seluruh dunia.

Banyak penambang akan berhenti bekerja sebagai akibat dari kejadian ini, karena pembayarannya berkurang. Memberikan pengurangan pembayaran akan menyebabkan lebih banyak penambang kehilangan uang dan mentransfer ke mata uang kripto lainnya.

Ini akan segera berdampak pada Hash rate pada jaringan Bitcoin, yang selanjutnya mempengaruhi kecepatan transaksi pengguna.

Salah satu pendiri Genesis Mining, Marco Streng, menghabiskan $200 untuk mendapatkan satu BTC pada Halving pertama. Setelah separuh kedua terjadi, harga melonjak sekitar $400.

Namun, penambang besar tidak akan berhenti beroperasi hanya karena pendapatan mereka menurun; biaya yang mereka keluarkan belum menghasilkan keuntungan apapun.

Selain itu, sebagai akibat dari separuh berikutnya, jumlah penambang kecil yang tidak efisien akan menyusut.

Kesimpulan

Istilah “halving” mengacu pada pengurangan separuh jumlah Bitcoin yang beredar secara berkala. Ada hadiah setengah-setengah dalam blok setiap 210.000 blok. Halving pertama terjadi pada 28 November 2012. Yang berikutnya akan terjadi pada Mei 2020, menurut proyeksi saat ini. Hadiah blok diprediksi menjadi 0 pada tahun 2140.

Satoshi Nakamoto hanya merilis 21 juta koin dari awal waktu. Halving kedua akan berlangsung pada tahun 2020, dan penambang hanya akan mendapatkan 6,25 BTC untuk setiap keberhasilan penambangan. Ini akan segera berdampak pada tingkat Hash pada jaringan Bitcoin, yang selanjutnya mempengaruhi kecepatan transaksi.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.