BPUM 2022 Masih Ada BLT UMKM BRI dan BNI

Lutfi

BPUM 2022 Masih Ada BLT UMKM BRI dan BNI

Rancakmedia.com – Berikut ini informasi BPUM 2022 yang masih tersedia BLT UMKM BRI dan BNI segera cair jika persyaratannya sudah terpenuhi semua, simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini

Bapres BPUM masih ada, dan pada tahun 2022 pemerintah akan kembali memberikan bantuan keuangan langsung kepada UMKM BLT melalui Kementerian Koperasi (Kemenkop).

BLT UMKM dalam program BPUM ini diharapkan dapat disalurkan kepada 12 juta pelaku usaha senilai Rp600 ribu melalui rekening BNI dan BRI.

Pelaku usaha termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pemilik toko menerima BLT UMKM melalui rekening BNI dan BRI guna menghadapi kenaikan harga komoditas akibat perang Rusia-Ukraina.

BPUM 2022 akan lebih kecil dari tahun sebelumnya. BLT UMKM ini hanya dapat disetujui bagi masyarakat yang belum menerima bansos.

Kriteria dan Syarat Penerima BLT UMKM 2022

Untuk UMKM penerima BLT 2022 harus memenuhi kriteria dan persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) di buktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Bukan Aparatur Sipil Negara, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD
  3. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  4. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Cara Mendaftar BLT UMKM 2022

Calon Banpres BPUM atau BLT UMKM wajib memberikan kelengkapan data kepada Dinas Koperasi dan UKM setempat sebagai berikut:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK)
  3. Nama lengkap
  4. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  5. Bidang usaha
  6. Nomor telepon.

Untuk saat ini, periksa apakah kamu salah satu penerima BLT UMKM jika sudah terdaftar sebagai calon penerima BPUM.

Adapun cara pengecekan daftar penerima BLT UMKM dapat dilakukan secara online melalui dua website resmi BRI dan Kementerian Koperasi bagi nasabah BNI.

BRI

  1. Buka laman e-form BRI: https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Masukkan Nomor Induk kependudukan (NIK)
  3. Ceklis kota kode, dan masukkan kode verifikasi
  4. Klik ‘Proses Inquiry’
  5. Akan muncul nama sesuai NIK jika kamu terdaftar sebagai penerima Banpres BPUM.

BNI

  1. Buka https://banpresbpum.id
  2. Masukkan Nomor Induk kependudukan (NIK)
  3. Klik ‘Cari’
  4. Akan muncul nama sesuai NIK jika kamu terdaftar sebagai penerima Banpres BPUM.

Segera setelah surat-surat kamu diverifikasi, kamu dapat membawanya ke kantor cabang BRI atau BNI terdekat dan mengajukan aplikasi kamu.

Rahasia Dumbledore (Binatang Fantasi 3): Telegram, LK21, IndoXX1, Rebahin

Persyaratan yang diperlukan BLT UMKM BPUM 2022

  1. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan/kuasa penerimaan dana Banpres BNI atau BRI
  2. Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Nomor Induk Berusaha (NIB)
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  4. Buku Tabungan dan Kartu ATM

Bagi individu yang tidak memiliki rekening utama, Bank BRI atau BNI menawarkan tabungan kelompok dan akses ATM.

Uang tunai Banpres BPUM BRI dapat dicairkan melalui ATM BRI atau BNI setelah prosedur verifikasi selesai. Nomor rekening BNI atau BRI digunakan untuk menyalurkan uang BLT UMKM atas nama penerima dana bantuan.

BLT minyak goreng, BNPT Bantuan Pangan Non Tunai, PKH Program Keluarga Harapan, dan BSU Bantuan Subsidi Upah merupakan contoh bantuan pemerintah kepada usaha kecil. Demikian informasi lengkap mengenai BLT UMKM. Mungkin berguna!

Kesimpulan

BPUM 2022 akan lebih kecil dari tahun sebelumnya. Sebanyak 12 juta pelaku usaha diharapkan dapat menyalurkan BLT UMKM senilai Rp600 ribu melalui rekening BNI dan BRI.

Pemerintah akan kembali memberikan bantuan keuangan langsung kepada UMKM BLT melalui Kementerian Koperasi. Kementerian Koperasi (BNI) dan Bank Rhode Island (BRI) bertanggung jawab menyalurkan dana BLT UMKM.

Nomor rekening BNI atau BRI digunakan untuk menyalurkan uang UMKMBLT atas nama penerima dana bantuan. Demikian informasi lengkap mengenai bantuan pemerintah kepada usaha kecil.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.