Cara Buat Twibbon Hari Pendidikan Nasional

nafa cahyani

Cara Buat Twibbon Hari Pendidikan Nasional

Rancakmedia.com – Pada artikel di bawah ini kami akan memberikan cara buat twibbon hari pendidikan nasional yang dapat membantu kamu untuk memudahkan kamu memeriahkan hari pendidikan nasional kamu.

Pemerinta republik Indonesia telah menetapkan bahwa hari pendidikan nasional atau Hardiknas pada 2 Mei yang merupakan hari lahirnya Ki Hadjar Dewantara yang di juluki sebagai pahlawan dan bapak pendidikan nasional.

Karena rintisan Ki Hadjar Dewantara, seorang pendidikan Indonesia pada masa penjajahan Belanda, pendidikan di Indonesia memiliki sejarah yang panjang.

Oleh karena itu, sejarah Hari Pendidikan Nasional juga merupakan sejarah Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan bangsa Indonesia.

Sejarah Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara lahir di Pakualaman, Yogyakarta, 2 Mei 1889. Pria bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini berasal dari keluarga yang istimewa dan sempat belajar pada masa Hindia Belanda.

Saat itu, kebijakan Hindia Belanda hanya mengizinkan anak-anak yang lahir di Belanda dan kaum priyayi untuk dididik. Di sisi lain, penduduk asli lainnya tidak mampu mengenyam pendidikan dasar sekalipun.

Pendekatan ini kemudian ditolak oleh Ki Hadjar Dewantara. Kritiknya terhadap tindakan penguasa kolonial menyebabkan dia dibuang ke Belanda bersama dua rekannya, Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkusumo.

Ketiganya kemudian dikenal sebagai “Tiga Serangkai”. Kembali dari pengasingan, Ki Hadjar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Taman Siswa pada 3 Juli 1922 di Yogyakarta.

Lembaga ini bercita-cita untuk menjamin hak pendidikan yang sama bagi orang Indonesia biasa, serta hak priyayi dan Belanda.

Selain mendirikan lembaga pendidikan, ia juga menerbitkan artikel tentang pendidikan dan budaya dari sudut pandang nasional. Ia juga cukup aktif menulis.

Cara Membuat Twibbon Hardiknas 2022

Banyak sekali masyarakat yang masih kebingungan dengan cara membuat twibbon hari pendidikan nasional, kamu dapat menggunakan cara di bawah ini untuk memudahkannya, sebagai berikut:

  1. Klik link download twibbon hari pendidikan nasional 2022 yang akan mengarahkan kamu pada laman Twibonnize
  2. Klik “Pilih Foto” pilih foto terbaik yang akan digunakan
  3. Setelah itu, atur ukuran dan posisi foto sesuai yang diinginkan
    Klik “Selanjutnya”
  4. Klik “Unduh Foto” dan foto dengan twibbon Hari pendidikan nasional 2022 akan otomatis tersimpan di galeri
  5. Selamat! Foto dengan tema twibbon Hari pendidikan nasional 2022 siap dibagikan ke media sosial FB, Instagram dan WhatsApp

Kesimpulan

Pemerinta republik Indonesia telah menetapkan bahwa hari pendidikan nasional atau Hardiknas pada 2 Mei yang merupakan hari lahirnya Ki Hadjar Dewantara yang di juluki sebagai pahlawan dan bapak pendidikan nasional.

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang cara membuat twibbon hari pendidikan nasional, dan tidak hanya itu kami juga membahas tentang sejarah Ki Hadjar Dewantara.

Demikian artikel tentang Cara Buat Twibbon Hari Pendidikan Nasional, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.