Aplikasi Membuat CV di PC dan CV Online

nafa cahyani

Aplikasi Membuat CV di PC dan CV Online
Aplikasi Membuat CV di PC dan CV Online

Rancakmedia.com – Tahukah kamu, terdapat aplikasi membuat CV di PC dan CV online yang belum banyak orang ketahui, CV (Curriculum vitae) adalah dokumen yang memuat informasi tentang latar belakang penulis, termasuk riwayat sekolah dan pekerjaan mereka.

Untuk sebagian besar pekerjaan, kamu akan diminta untuk mengirimkan resume. CV sendiri memiliki fungsi yang sangat esensial dalam dunia kerja, karena jika kamu membuat CV yang cantik dan kreatif tentunya memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk diterima sebagai bagian dari perusahaan.

Jika sebelum ada komputer, CV harus ditulis tangan dengan rapi. Pembuatan CV telah jauh lebih mudah dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa sumber daya online dan aplikasi yang tersedia.

Daftar Aplikasi Membuat CV di PC

Ada beberapa aplikasi CV di PC yang perlu kamu ketahui, anta lain:

1. Visual CV

Aplikasi pembuat CV pertama untuk PC adalah Visual CV. Aplikasi ini memiliki desain basic dan minimalis, tampilannya juga sangat user-friendly sehingga kamu tidak akan tangguh saat menjalankannya.

Visual CV adalah salah satu aplikasi terbesar kami. Karena disini kamu tidak perlu lagi melaporkan penulisan data diri atau curriculum vitae, karena situs ini bisa mendapatkan informasi dari LinkedIn kamu. Bukankah itu sesuatu?

2. Canva

Selain digunakan di smartphone, Canva juga bisa digunakan di PC. Ada berbagai macam template template CV yang menarik untuk dipilih dalam aplikasi ini.

Aplikasi Canva tersedia dalam dua edisi, gratis dan premium. kamu tidak akan dapat menggunakan semua fitur berbayar jika kamu mendapatkan versi uji coba. Di sisi lain, aplikasi premium Canva akan memungkinkan pengguna mengakses semua fungsi tanpa tanda air.

Selain berguna untuk membuat CV, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat cover Facebook, thumbnail Youtube, dan lain sebagainya.

3. KickResume

Apakah kamu membutuhkan CV yang terlihat bagus dan dapat diselesaikan dengan cepat? Jika demikian, KickResume adalah solusinya.

Dengan memanfaatkan KickResume kamu dapat membuat CV dalam waktu yang lebih singkat. Cukup masukkan data pribadi dan biografi kamu, CV yang indah dan elegan akan muncul dalam beberapa menit.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mentransfer data pribadi melalui LinkedIn yang selanjutnya dapat diterjemahkan ke dalam CV.

4. Enhancv

Situs ini juga dapat dioptimalkan untuk Enhancv, alat pembuatan CV gratis. Enhancv menawarkan pilihan template dan desain CV. Selain itu, kamu memiliki opsi untuk menyimpan CV kamu sebagai file PDF.

Satu hal lagi, Enhancv menawarkan dua versi, yaitu gratis dan premium. Tentu saja, edisi premium yang lebih komprehensif hadir dengan lebih banyak fitur. Meski begitu, kamu tetap bisa membuat CV yang khas dan menarik dengan versi gratisnya.

5. MyPerfectResume

Situs alternatif lain untuk penyedia layanan pembuatan CV adalah MyPerfectResume. Buktinya dapat dilihat dari banyaknya komentar positif yang ditinggalkan oleh pengguna yang telah menggunakan aplikasi tersebut.

Situs ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan dalam hal alternatif CV, dan itu saja membuatnya layak untuk dicoba. Jadi, kamu dapat mengubah apa yang diperlukan dalam membangun CV.

Daftar Aplikasi Membuat CV Online

Ternyata terdapat juga lhoo aplikasi membuat CV online, antara lain:

1. Bikincv.com

Platform digital Bikincv.com dapat membantu kamu membuat CV secara online dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

Bikincv.com memberikan banyak koleksi template dengan desain yang berbeda. kamu juga dapat mengubah warna dan format data dengan fitur ini. Aplikasi ini dapat dilihat di Smartphone atau PC.

2. Kinzaa.com

Situs pembuat CV online profesional selanjutnya adalah Kinzaa.com. Situs ini memberikan pilihan template CV yang dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ada termasuk area ‘Keterampilan’ dan ‘Kepribadian’ yang isinya dapat diubah menjadi rekam jejak kamu. Dengan begitu, isi dan deskripsi CV kamu bisa lebih teliti.

3. Zety.com

Zety.com adalah salah satu situs pembuatan CV favorit kami. Di situs ini terdapat berbagai kemungkinan modifikasi, sehingga kamu dapat lebih leluasa membangun CV kamu.

Warna, gaya dan ukuran font, spasi baris, dan banyak opsi lain semuanya tersedia di dalam antarmuka ini. CV yang kamu buat di Zety.com tidak dapat langsung diunduh, yang merupakan kerugian.

Namun, kamu dapat membuat tautan ke CV kamu terlebih dahulu, lalu unduh CV kamu dari URL tersebut.

Daftar Aplikasi Membuat CV Offline

Tak perlu khawatir untuk kamu yang ingin membuat CV tetapi tidak memiliki paket Internet, berikut ini daftar aplikasi membua CV offline, yaitu:

1. Microsoft Word

Microsoft Word harus menjadi aplikasi panggilan awal kamu jika kamu mencari pembuat CV offline. Gunakan Microsoft Word 2007 atau yang lebih baru dalam pengoperasiannya.

Aplikasi ini memberikan pilihan template CV yang bagus, cantik, original, dan kreatif. Di sini, kamu cukup mengisi elemen yang dapat diakses.

Setelah itu, kamu dapat memasukkan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, tempat tinggal, pendidikan, dan riwayat pekerjaan kamu.

Tuliskan informasi sebanyak mungkin. Cari tahu segala sesuatu tentang diri kamu dan sertakan dalam CV kamu. Karena, semakin tepat informasi yang kami masukkan, semakin mudah bagi HRD untuk menilai seberapa baik kami cocok dengan kredensial penting.

2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop juga dapat digunakan untuk membuat resume yang mengesankan, seperti yang kamu ketahui. Membuat CV dengan menggunakan Adobe Photoshop sangat menantang jika kamu membuatnya dari awal.

Namun, kamu mungkin terlebih dahulu mencari desain template di internet. Kemudian, kamu hanya perlu memasukkan beberapa informasi yang sesuai dan melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dasar. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena bahasa yang digunakan juga sangat mudah. Dengan kata lain, itu sangat mudah.

3. Adobe Illustrator

Terakhir, kamu dapat membuat CV dengan bantuan Adobe Illustrator, aplikasi desain visual. Adobe Illustrator mencakup berbagai kemampuan dan aplikasi untuk membuat resume pada hard drive komputer.

Di sini, kamu dapat menemukan berbagai template menarik yang terdapat dalam Adobe Illustrator. Mereka diberi kompensasi, namun kualitas pekerjaan mereka sangat bagus, terlepas dari itu.

Kesimpulan

Itulah tips situs dan aplikasi untuk menghasilkan CV terbaik Jadi, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi jika membuat CV untuk melamar pekerjaan atau hal lainnya.

Cukup memanfaatkan situs atau aplikasi yang kami sarankan di atas, kamu sudah bisa langsung membuat CV yang bagus dan tentunya menarik perhatian HRD. Semoga berhasil!

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.