Perkembangan Teknologi Informasi Secara Singkat

Lovata Andrean

Perkembangan Teknologi Informasi Secara Singkat

Rancakmedia.com – Dengan kemajuan teknologi, ada dua akibat buruk dan dua akibat baik mengenai teknologi saat ini. Kini perkembangan teknologi informasi yang perlu kamu ketahui, yuk simak artikel dibawah ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi informasi dapat mempermudah masyarakat untuk menonton acara berita dan mencari beragam informasi yang beredar di dunia maya.

Ada banyak informasi yang tersedia bagi kita saat ini, dimulai dengan berita yang kita baca di media sosial, yang dapat membantu kita memanfaatkan banyak peluang yang kita miliki saat ini.

Kita juga perlu menyadari bahwa teknologi memungkinkan segala aktivitas dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, karena ini akan sangat bermanfaat bagi usaha kita di masa depan.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Menurut Daniel Chandler dan Rod Munday dalam A Dictionary of Media and Communication (2011: 211).

Teknologi informasi secara umum identik dengan komputer dan jaringan komputer tetapi lebih luas dalam arti merancang berbagai teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan/atau mendistribusikan informasi secara elektronik, termasuk televisi dan telepon.

Beberapa bisnis yang terkait dengan teknologi informasi antara lain perangkat keras komputer, perangkat lunak, elektronik, semikonduktor, internet, telekomunikasi, dan e-commerce.

Teknologi informasi terdiri dari teknologi komputer, teknologi komunikasi, teknologi telekomunikasi, sistem komunikasi optik, sistem komunikasi satelit, teknologi komunikasi komputer, serta teknologi CD dan DVD.

Munculnya peradaban manusia berbarengan dengan munculnya teknologi informasi. Manusia diketahui siap mengadopsi teknologi baru untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas komunikasi mereka.

Dari literatur tertentu, sejarah evolusi teknologi informasi dapat diklasifikasikan menjadi empat era: periode pra-mekanis, era mekanik, era elektromekanis dan era elektronik.

1. Prasejarah hingga 3000 SM

Pada zaman prasejarah, manusia purba berkomunikasi melalui informasi di dinding-dinding gua, mereka menceritakan pengalaman berburu dan binatang buruannya.

Saat itu manusia purba melukis untuk mewakili berbagai hal yang ingin dikatakan, obrolan antara manusia hanya sebatas dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.

2. Sejarah 3000SM hingga 1400M

Di masa sejarah, teknologi komunikasi berevolusi mejadi lebih baik, proses menggambar didinding masih berlangsung.

Namun berkembang lagi caranya dengan menggunakan simbol seperti pada masa kehidupan bangsa sumeria yang menggunakan huruf piktograf di efa 3000 SM.

Setelah priode 2900 SM muncullah huruf hieroglif oleh bangsa mesir kuno. Di tahun 1570 hingga 1054 SM, sistem menulis ikut berkembang pada masa dinasti Shang di Cina.

Sedangkan masuk ke masa tahun 500 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan pohon papyrus sebagai sertas. Serat pohon papyrus ditulisi beragam informasi.

Selanjutnya Tsai Lun yang berasal dari bangsa Cina menemukan kertas dari serat bambu dan memungkinkan sistem pencetakan menggunakan blok kayu yang diperoleh dan dilumuri tinta.

3. Modern 1400 hingga Sekarang

Pada masa modern seperti sekarang ini teknologi komunikasi telah memungkinkan informasi bisa menyebar sangat luas.

Pada masa ini ditemukan seperti koran, telegraf, telepon, mesih ketik, radio, televisi hingga internet yang bisa memudahkan seseorang untuk berkomunikasi sekaligus memberikan informasi menjadi lebih cepat.

Periode Sejarah Teknologi Infomasi

Beberapa periode tersebut masih berdampak pada eksistensi manusia hingga saat ini. Berikut ini adalah sejarah rinci evolusi teknologi informasi.

Era Pra-Mekanis

Masa pra-mekanis adalah masa ketika orang pertama kali mulai berkomunikasi menggunakan bahasa sebagai mode komunikasi atau gambar di dinding gua.

Selain penciptaan sistem huruf, atau sistem alfabet dan angka, beberapa teknologi tambahan yang ditemukan pada zaman ini adalah kertas, pena, buku, dan kalkulator.

Sejarah evolusi teknologi informasi pada masa pra-mekanis berlangsung dari 3000 SM hingga 1450 M. Bangsa Sumeria di Mesopotamia menemukan tulisan sekitar 3000 SM.

Sebelum tulisan dikembangkan, orang Sumeria berkomunikasi menggunakan bahasa yang mereka dokumentasikan menggunakan gambar kasar. Mereka menulis di atas lempengan tanah liat dan kemudian merancang tulisan yang kita kenal sebagai cuneiform, atau berbentuk baji.

Kemudian, sekitar 2600 SM, orang Mesir kuno mulai menulis di atas papirus. Orang Mesir Kuno juga yang pertama menemukan sistem bilangan. Selanjutnya, sekitar tahun 2000 SM, orang Fenisia, yang tinggal di sepanjang pantai Laut Mediterania, merancang simbol yang berbeda.

Prototipe Semit hanya digunakan untuk membuat alfabet Fenisia pada sekitar 1200 SM. Alfabet Yunani yang kita gunakan saat ini berakar pada aksara Fenisia.

Dengan ditemukannya sistem alfabet dan kertas, orang kemudian berusaha untuk menyimpan apa yang mereka tulis di tempat penyimpanan. Di sinilah buku dan perpustakaan pertama mulai muncul.

India menemukan sistem angka 1-9 paling awal, yang mulai muncul selama zaman pra-mekanis. Lebih dari tujuh abad kemudian, angka nol ditemukan.

Manusia menciptakan alat untuk bekerja dengan angka ketika mereka menemukan cara untuk mewakili mereka. Alat tersebut adalah kalkulator, yang merupakan penanda awal dari pengolah informasi.

Kalkulator kuno, atau sempoa, adalah salah satu teknologi yang diciptakan pada zaman pra-mekanis setelah penemuan sistem bilangan.

Teknologi Informasi Era Mekanis

Periode mekanis adalah era di mana kita pertama kali mulai mengenali hubungan antara teknologi yang kita gunakan sekarang dan masa lalu.

Dari tahun 1450 hingga 1840, dunia teknologi informasi didominasi oleh revolusi mekanik. Ledakan informasi pertama terjadi selama periode mekanis.

Hal ini disorot oleh penciptaan mesin cetak oleh Johann Gutenberg dan pertumbuhan buku. Berbagai teknologi baru lainnya yang juga diciptakan pada masa mekanik adalah komputer.

Selain itu, teknologi lain yang juga hadir di era mekanik adalah Pascaline, sebuah komputer mekanik yang sangat terkenal yang dibangun oleh Blaise Pascal. Selain banyak inovasi teknologi baru, beberapa perangkat berbeda diproduksi di zaman mekanis, seperti kalkulator.

Era Elektromekanis

Era elektromekanis adalah era dimulainya telekomunikasi seperti yang kita kenal sekarang. Telekomunikasi adalah peralatan dan tata cara yang digunakan untuk menyampaikan informasi jarak jauh melalui kabel, radio, atau satelit tanpa rusak atau hilang karena gangguan.

Periode elektromekanis itu sendiri berlangsung lebih dari satu abad antara tahun 1840 dan 1940. Teknologi elektromekanis seperti baterai lithium (pada akhir abad ke-18), telegraf (pada abad ke-18), kode Morse (dibuat pada tahun 1835 oleh Samuel Morse), telepon Alexander Graham Bell (1876), radio Guglielmo Marconi (1894), dan banyak lagi (termasuk radio pada tahun 1894), telah memungkinkan banyak penemuan terobosan.

Teknologi lain yang ditemukan pada periode elektromekanis adalah komputer digital. Sekitar tahun 1940, Universitas Harvard mengembangkan Mark 1, komputer digital otomatis skala besar pertama di dunia.

Komputer ini memiliki tinggi 8 kaki, panjang 50 kaki, dan lebar 2 kaki dan beratnya kira-kira 5 ton. Pada saat yang sama, gagasan tentang teknologi komunikasi satelit mulai berkembang. Teknologi informasi modern dapat dilihat sebagai awal dari salah satu dari teknologi ini.

Teknologi Informasi Era Elektronik

Era elektronik adalah periode yang kita jalani sekarang. Sejak 1940, kita telah hidup di era listrik. Beberapa penemuan penting di era elektronik adalah komputer berkecepatan tinggi pertama yang menggunakan tabung vakum bernama ENIAC.

Program penyimpanan komputer pertama, komputer komersial pertama yang disebut UNIVAC, dan berbagai evolusi teknologi komputer, teknologi komunikasi satelit, dan serat- sistem komunikasi optik.

ENIAC, atau Electronic Numerical Integrator Computer, adalah komputer digital berkecepatan tinggi pertama yang diprogram ulang untuk memenuhi berbagai macam masalah komputer. ENIAC dibuat untuk digunakan oleh militer Amerika Serikat.

Mesin ini lebih besar dari Mark 1. Sedangkan komputer komersial pertama adalah UNIVAC, Universal Automatic Computer. Teknologi komputer diklasifikasikan ke dalam banyak kelompok sejarah yang disebut “generasi”.

Yang dimaksud dengan “generasi komputer” adalah masa perkembangan teknologi komputer yang meliputi komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Selain itu, generasi komputer juga menunjukkan kemajuan industri komputer.

Generasi Teknologi Informasi

Berikut rancakmedia.com menyediakan daftar generasi teknologi informasi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Pertama (1945-1956)

Pada paruh kedua tahun 1940-an, komputer pertama mulai muncul di pasar. Pada generasi pertama, komputer menggunakan tabung vakum dan sangat besar. Area penyimpanan internal generasi ini adalah drum magnet berputar.

2. Kedua (1956-1963)

Banyak teknologi padat, termasuk transistor, pita magnetik, dan inti magnetik, dikembangkan oleh William Shockley et al. untuk digunakan sebagai kapasitas penyimpanan internal untuk komputer generasi kedua.

Gadget ini ditempatkan dalam tabung vakum, yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan mengurangi yang lainnya. Komputer generasi kedua lebih kecil dari komputer generasi pertama dan lebih murah untuk dibuat. FORTRAN dan COBOL juga dikembangkan selama periode generasi ini.

3. Ketiga (1964-1971)

Pita magnetik dan semikonduktor oksida logam dari komputer generasi ketiga masih digunakan.

Pada generasi ketiga, komputer berisi perangkat penyimpanan dan jalan keluar seperti terminal tampilan visual, pembaca tinta magnetik, perangkat pencetakan berkecepatan tinggi, dan chip IC yang dapat meningkatkan kecepatan komputer.

Sistem operasi yang sebenarnya memulai debutnya sekitar waktu ini, bersama dengan bahasa pemrograman BASIC yang disempurnakan. Komputer generasi ketiga lebih kecil dan lebih murah.

4. Keempat (1971-sekarang)

Di komputer generasi keempat, CPU, atau unit pemrosesan pusat, digunakan, yang terdiri dari memori, logika, dan sirkuit kontrol semua dalam satu chip.

Pada tahun 1971, perusahaan top AS, Intel, menciptakan perangkat sirkuit terpadu yang disebut mikroprosesor. Serangkaian mikrokomputer yang dikenal sebagai Seri Allple, ditemukan oleh Steve Wozniak pada tahun 1976, sekarang menjadi komputer paling canggih di pasaran.

5. Kelima (Sekarang)

Komputer generasi kelima yang lebih baru termasuk komputer dengan pemrosesan, penyimpanan memori, dan kemampuan kognisi yang paling canggih, yang semuanya disebut sebagai komputer “generasi kelima”. Istilah “kecerdasan buatan” mengacu pada komputer generasi kelima.

Perpaduan antara komputer dan teknologi laser memunculkan piringan informasi dalam bentuk yang kecil. Disk optik tipis dan berbentuk lingkaran dan mungkin berisi informasi dan data yang ditulis dan dibaca melalui penggunaan sinar laser.

CD, CD ROM, dan DVD adalah tiga jenis cakram optik yang paling umum digunakan untuk menyimpan data.

Era informasi telah dimulai sebagai akibat dari era elektronik. Telah terjadi perpindahan dari sektor konvensional ke bisnis ekonomi berbasis informasi di era informasi. Era informasi sering dikaitkan dengan revolusi digital, karena revolusi industri terkait dengan periode industri.

Dilihat dari sejarah perkembangan teknologi komunikasi dan perkembangan alat komunikasi berdasarkan teori media baru atau new media theory, internet merupakan teknologi informasi dan komunikasi paling mutakhir yang ditemukan oleh manusia.

Pengertian Internet berawal pada awal tahun 1960-an, namun Internet sendiri ditemukan seiring dengan berkembangnya World Wide Web pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee dan diungkap ke seluruh dunia pada tahun 1991.

Internet kini telah menjadi platform di seluruh dunia untuk meningkatkan arus informasi. Orang-orang di seluruh dunia dapat mencapai apa pun berkat internet di lingkungan global teknologi.

Melalui internet, kita dapat mencari berbagai jenis informasi dan hiburan yang kita butuhkan; kita dapat berkomunikasi secara online dengan orang-orang yang secara geografis berjauhan, kita dapat bekerja secara online tanpa harus berada di kantor, kita juga bisa berbelanja melalui situs toko online yang kini semakin menjamur, kita bisa memesan makanan melalui aplikasi, kita bisa mengikuti ujian online; dan seterusnya.

Dengan maraknya penggunaan internet sebagai sarana komunikasi, kini kita menikmati berbagai kemudahan.

Internet telah mengubah pola komunikasi kita menjadi komunikasi kontemporer karena saat ini kita banyak menggunakan media komunikasi modern saat berbicara atau berhubungan dengan orang lain.

Tanya Jawab Seputar Perkembangan Teknologi Informasi

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang perkembangan teknologi informasi, sebagai berikut:

1. Apa Itu Perkembangan Teknologi Informasi?

Teknologi informasi ialah teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer, Perkembangan yang terus berlanjut dari teknologi membawa aplikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi.

2. Apa Dampak Positif Dari Perkembangan Teknologi Informasi?

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi informasi adalah mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan individu atau kelompok.

Kesimpulan

Teknologi informasi secara umum identik dengan komputer dan jaringan komputer tetapi lebih luas dalam arti merancang berbagai teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan/atau mendistribusikan informasi secara elektronik, termasuk televisi dan telepon.

Demikian informasi tentang perkembangan teknologi informasi secara singkat, semoga artikel yang kami sediakan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks