Tips Membuat Video Promosi di Shopee Video Agar Traffic Toko Meningkat

nafa cahyani

Tips Membuat Video Promosi di Shopee Video Agar Traffic Toko Meningkat

Rancakmedia.com – Saat ini video promosi menjadi sangat populer sebagai strategi pemasaran. Banyak penjual yang mencari tips membuat video promosi untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkannya.

Dalam dunia pemasaraan, tentu akan diperlukan adanya promosi yang menarik untukk memancing ketertarikan pelanggann pada bisnis atau produk kamu.

Promosi banyak dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan menggunakan spanduk, brosur, gambar menaik yang dibagikan di media sosial, dan kamu juga bisa mempromosikan melalui video.

Video promosi biasanya menjelaskan tentang poin penting dari produk yang kamu tawarkan dalam sebuah bisnis. Tujuannya ialah untuk mempengaruhi penonton untuk tertarik dalam produk yang kamu tawarkan.

Apa Itu Video Promosi (Sumber: indypendez via Canva)

Itu sebabnya video promosi harus dibuat dengan konsep yang menarik dan unik supaya banyak audiens yang menyukainya.

Saat ini, banyak sekali pebisnis yang memperkenalkan produknya dengan menggunakan video promosi. Untuk membuat video tersebut memanglah bukan hal yang mudah, namun juga bukan hal sulit.

Sebelum kamu mengetahui tips membuat video promosi, kamu perlu mengetahui sekilas tentang video promosi terlebih dahulu.

Apa Itu Video Promosi

Video promosi merupakan video yang dibuat dengan tujuan untuk pemasaran atau periklanan untuk mempromosikan produk atau layanan merek dan mengoptimalkan kesadaran merek, reputasi dan penjualan.

Ketika kamu datang ke pemasaran, tujuan utamanya ialah untuk menjual produk atau layanan yang diperjualkan.

Video promosi merupakan cara yang efektif untuk mempromosikasn produk atau jasa via video, dengan memanfaatkan emosi dan pesan iklan yang ditargetkan untuk menarik perhatian audiens.

Penjual tidak akan lagi meneriakkan didepan audiens seperti “beli-beli” melainkan penjualan akan membuat audiens tertarik untuk memilih produk yang diperjualkan.

Alasan Pentingnya Video Promosi

Video promosi sangat populer pada kalangan masyarakat umum, signifikasinya tidak bisa dilebih-lebihkan.

Berikut pentingnya video promosi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menggunakan video promosi bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness, yaitu tingkat kesadaran masyarakat tentang keberadaan dan keunggulan brand kamu.

Video promosi bisa dengan mudah kamu bagikan dan ditonton oleh audiens yang lebih luas, sehingga membantu untuk meningkatkan visibilitas brand kamu.

2. Menyampaikan Pesan dengan Efektif

Video promosi bisa dengan mudah membantu kamu untuk menyampaikan pesan iklan yang ditargetkan kepada audiens.

Menyampaikan Pesan dengan Efektif (Sumber: golubovy via Canva)

Hal ini karena video promosi bisa menggunakan suara, animasi, dan musik untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

3. Meningkatkan Keinginan untuk Membeli

Dengan adanya video promosi bisa menggunakan emosi untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan keinginan untuk membeli produk atau jasa yang dipromosikan.

4. Memudahkan Pelanggan untuk Memahami Produk

Video promosi bisa membantu pelanggan memahami fitur dan keunggulan produk yang ingin dipromosikan, sehingga dapat memudahkan pelanggan untuk membuat keputusan pembelian.

5. Menjadi Alat Pemasaran yang Efektif

Video promosi adalah alat pemasaran yang efektif, karena bisa dengan mudah dibagikan dan di tonton oleh audine yang lebih luas.

Ini bisa membantu kamu untuk meningkatkkan traffic toko atau situs web kamu, serta meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dipromosikan.

Jenis Video Promosi yang Bisa Kamu Gunakan di Shopee Video

Berikut beberapa jenis video promosi yang bisa kamu pertimbangkan untuk di postin di Shopee video, yaitu:

1. Video Promosi Klasik

Video promosi klasik merupakan video yang menampilkan produk atau jasa secara langsung. Video ini biasanya menggunakan suara, animasi, dan musik untuk memperkuat pesan yang disampaikan.

2. Video Tutorial

Video tutorial ialah video yang menjelaskan cara menggunakan atau memanfaatkan produk atau jasa. Video ini biasanya menggunakan demonstrasi langkah demi langkah yang mudah dipahami.

3. Video Review

Video review merupakan video yang memberikan ulasan tentang produk atau jasa yang digunakan. Video ini biasanya menyampaikan tentang kelebihan dan kekurangan produk atau jasa, serta memberikan rekomendasi atau saran kepada penonton atau audiens.

4. Video Unboxing

Video unboxing merupakan video yang menunjukkan kepada audiens bagaimana produk terlihat setelah dibuka dari kemasan aslinya.

Video Unboxing (Sumber: Prostockstudio via Canva)

Video ini biasanya menyenangkan dan menarik, dan bisa meningkatkan keinginan audiens untuk membeli produk tersebut.

5. Video Kolaborasi

Video kolaborasi merupakan video yang dibuat bersama dengan influencer atau vlogger yang populer.

Video ini biasanya menampilkan produk atau jasa yang dipromosikan, dan bisa memanfaatkan audiens, influencer atau vlogger tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Tips Membuat Video Promosi yang Menarik

Di bawah ini kami telah merangum daftar tips membuat video promosi menarik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan traffic toko online kamu, sebagai berikut:

1. Buatlah Perencanaan Sebelum Membuat Video

Langkah pertama yang penting dalam membuat video promosi ialah dengan membuat perencanaan. Dengan itu kamu bisa memastikan bahwa konten video yang akan kamu buat sesuai dengan tujuan promosi yang ingin dicapai.

Perencanaan juga membantu kamu untuk menentukan metode yang akan digunakan untuk menyusun kegiatan dengan teratur, sehingga kamu tidak akan terjebak dalam kekacauan atau terpaksa berhenti di tengah jalan.

Perencanaan juga bisa mengurangi resiko kesalahan dan mencegah pemborosan waktu yang kamu pakai.

2. Perhatikan Jenis Video Promosi yang Akan Dibuat

Sebelum membuat sebuah promo melalui video, sebaiknya kamu perhatikan jenis video promosi apa yang akan di buat.

Mulai dari jenis produk, tata letak, skenario, genre, dan lain sebagainya. Penjual juga bisa mencari referensi di internet sebelum membuat promosi produknya.

3. Menetapkan Tujuan dan Mengumpulkan Materi

Sebelum untuk memproduksi video produk, hal penting yang harus kamu perhatikan ialah sebagai berikut:

  1. Identifikasi suara dan kepribadian merk kamu
  2. Memiliki tujuan yang jelas untuk pemasaran tradisional atau digital
  3. Membuat pesan yang kuat
  4. Pertimbangkan rencana pengeluaran

4. Siapkan Peralatan untuk Merekam Video

Kamu harus menyiapkan peralatan yang lengkap supaya proses pembuatan video lancar dan berkualitas. Sebaiknya gunakan kamera yang berkualitas supaya gambar yang akan dihasilkan bisa lebih jernih.

Selain itu, pencahayaan dan kejelasan suara juga sangat penting dalam pembuatan video yang berkualitas. Peralatan penunjang lainnya juga harus kamu persiapkan, seperti baterai, tripod, kabel, alat perekam audio dan lain sebagainya.

Kamu juga harus memiliki ruangan khusus untuk merekam video supaya hasil rekaman bisa lebih memuaskan.

5. Perhatikan Durasi Video Promosi yang Akan Dibuat

Dalam membuat video promosi, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan durasi. Umumnya video promosi yang pendek hanya berdurasi 1 hingga 2 menit saja.

Perhatikan Durasi Video Promosi yang Akan Dibuat (Sumber: Artem Varnitisin via Canva)

Bahkan dengan durasi segitu masih perlu diperpendek lagi jika kaumu ingin mengunggah video tersebut di media sosial seperti Facebook dan sebagainya.

Durasi merupakan salah satu hal penting untuk video promosi kamu. Hal ini dikarenakan video promosi dengan durasi yang terlalu panjang bisa membuat calon pelanggan merasa tidak tertarik untuk menonton video promosi kamu hingga selesai.

Oleh karena itu penting untuk membuat video promosi dengan durasi yang tepat, agar tetap menarik bagi calon pelanggan dan pastinya tidak membosankan.

6. Penggunaan Kalimat yang Menarik

Bukan hanya durasi yang perlu kamu perhatikan, dalam membuat video promosi kamu juga harus tahu bahwa penggunaan kalimat sangat penting untuk menarik perhatian pelanggan.

Kalimat bisa berupa ajakan, penjelasan dan point penting dalam produk yang dipromosikan. Kalimat yang digunakan sebaiknya menggunakan teks yang benar dan dipadukan dengan font menarik.

Selain itu, kalimat juga harus menggunakan bahasa yang padat dan jelas. Penggunaan kalimat yang berbelit-belit akan membuat calon pelanggan merasa bosan menonton video promosi kamu.

7. Pakai Into dan Outro yang Menarik

Video promosi yang baik harus memiliki intro dan outro yang menarik. Intro bisa berisikan informasi tentang produk atau nama perusahaan yang dipromosikan, serta musik dan animasi yang mendukung pesan promosi.

Sedangkan outro bisa berisikan tentang logo bisnis kamu, dengan font yang menarik, dan kalimat ajakan yang membuat audiens tertarik untuk membeli atau mengetahui lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang akan dipromosikan.

Dengan menambahkan intro dan outro pada video promosi, kamu akan terlihat lebih profesional dan menarik bagi audiens.

8. Gunakan Musik Pendukung atau Backsound

Setiap detik dari video yang kamu promosikan akan jauh lebih menarik jika diiringi dengan musik pendukung.

Itulah mengapa saat membuat video, pebisnis juga harus memperhatikan mengenai musik pendukung yang sesuai dengan produk yang akan dipromosikan.

Musik pendukung bertujuan untuk menarik perhatian para pelanggan, selain menaikkan mood sekaligus memberikan kesan positif dalam video itu sendiri.

Kamu juga bisa memadukan antara musik yang sendu dengan musik yang ceria, namun harus tetap sesuai dengan penempatan atau konsepnya.

Gunakan Musik Pendukung atau Backsound (Sumber: tolgart via Canva)

9. Lakukan Proses Editing

Proses editing pada video memang sangat penting untuk dilakukan, hal itu bertujuan untuk menyempurnakan video dan tidak ada kesalahan sedikitpun.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan efek-efek khusus seperti suara atau gradasi warna untuk meningkatkan daya tarik video.

Saat membuat video, penting untuk memiliki skrip atau naskah yang akan membantu kamu dalam proses editing.

Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi editing video yang tersedia untuk PC, Laptop, ataupun Smartphone Android,

Ada beberapa contoh aplikasi edit video yang bisa digunakan seperti FilmoraGo, Quick, KineMaster, VivaVideo, Adobe Premiere Clip, Videoshop, dan sebagainya.

10. Pilih Tempat Pemasaran Video yang Tepat

Terakhir, kamu juga perlu menentukan tempat pemasaran video seperti apa yang ingin kamu gunakan. Semisalnya seperti martplace, YouTube, website, Instagram, Facebook dan sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakan platform media sosial tersebut supaya video promosi kamu makin banyak dilihat oleh banyak orang.

Satu hal penting lainnya adalah kamu perlu memastikan bahwa memasarkan video kamu di platform yang sesuai dengan yang sering dikunjungi oleh target pelanggan atau pembeli bisnis.

Pemasaran video akan semakin baik juga jika dibantu dengan iklan berbayar di YouTube ataupun Facebook. Sebab dengan begitu, maka akan lebih mudah dan lebih banyak audiens mengetahui iklan video promosi kamu.

Kesimpulan

Video promosi biasanya menjelaskan tentang poin penting dari produk yang kamu tawarkan dalam sebuah bisnis. Tujuannya ialah untuk mempengaruhi penonton untuk tertarik dalam produk yang kamu tawarkan.

Demikian informasi tentang tips membuat video promosi di shopee video, semoga artikel yang kami jelaskan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.