8 Aplikasi Jual Foto Online yang Bisa Menghasilkan Uang

nafa cahyani

8 Aplikasi Jual Foto Online yang Bisa Menghasilkan Uang

Rancakmedia.com – Tahukah kamu bahwa kini banyak sekali aplikasi jual foto online yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang tambahan. Dengan menggunakan aplikasi ini, foto yang kamu potret tidak akan lagi hanya menjadi simpanan kamu saja, tapi juga dapat menghasilkan uang.

Banyak photographer yang menjual foto nya pada aplikasi jual foto online, selain dapat menghasilkan uang kamu juga bisa mengembangkan hobi kamu pada aplikasi tersebut.

Daftar Aplikasi Jual Foto Online

Di bawah ini rancakmedia.com telah merangkum daftar aplikasi jual foto online yang bisa digunakan dengan mudah, sebagai berikut:

Daftar Aplikasi Jual Foto Online

1. Foap

Nama AplikasiFoap - sell your photos
Versi3.23.19.871
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal16 Sep 2013
Diupdate pada26 Jan 2023
DeveloperFoap Poland SP Z. O O.

Rekomendasi aplikasi jual foto yang pertama ialah aplikasi Foap. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan uang dengan mudah.

Aplikasi ini sudah tidak asing di kalangan fotografer profesional, karena mereka sering menggunakannya, meski juga dapat digunakan oleh fotografer pemula.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah, bahwa pengguna dapat menjual foto-foto mereka, baik yang diambil dengan kamera DSLR maupun kamera smartphone.

Namun, pastikan bahwa foto yang akan dijual di aplikasi ini memiliki nilai jual dan kualitas yang baik.

Hal ini karena aplikasi ini akan memasarkan foto-foto karya pengguna ke perusahaan-perusahaan besar, yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pemasaran.

Oleh karena itu, jika ingin menjual foto di aplikasi ini, pastikan memiliki resolusi di atas 1280×960 piksel.

Lalu, bagaimana sistem bagi hasil di Foap? Hampir sama dengan Snapwire, setiap foto yang berhasil terjual, pengguna akan mendapatkan komisi hingga 50% dari harga foto.

Tentunya sangat menguntungkan, terutama jika pengguna berhasil menjual lebih dari satu foto.

2. Shutterstock

Nama AplikasiShutterstock Contributor
Versi1.20.1
Perlu Android versi6.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal17 Sep 2014
Diupdate pada23 Feb 2023
DeveloperShutterstock Inc.

Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis gambar seperti JPG, PNG, Foto, dan Vektor. Shutterstock adalah aplikasi yang sangat cocok untuk para penggelut di bidang digital painting, fotografi, dan desain visual.

Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan agar dapat mengunggah foto ke dalam aplikasi.

Jika tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, maka foto tersebut tidak dapat diunggah ke dalam aplikasi. Tetapi, pengguna dapat terus menjual foto untuk mendapatkan penghasilan.

3. EyeEm

Nama AplikasiEyeEm - Jual Gambar Anda
Versi8.6.3
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal20 Jan 2012
Diupdate pada2 Jun 2021
DeveloperEyeEm Mobile

Bagi kamu yang ingin mengunggah foto dengan kualitas sangat tinggi, dapat mencoba menggunakan aplikasi EyeEm.

Aplikasi penjualan foto EyeEm adalah salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan pecinta fotografi. Baik fotografer profesional maupun amatir, semuanya memasukkan hasil jepretannya ke dalam aplikasi ini.

Banyak pengguna yang menyukai aplikasi ini karena kamu dapat mempertahankan hak cipta atas foto kamu.

Bahkan, aplikasi ini menyediakan pasar untuk mendukung pengusaha kecil dari pengguna aplikasi tersebut. Secara keseluruhan, pengguna akan menerima banyak manfaat jika menggunakan aplikasi EyeEm.

4. Snapwire

Jika berbicara mengenai aplikasi jual foto terbaik untuk Android, salah satunya adalah Snapwire. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan oleh fotografer pemula. Melalui aplikasi ini, kamu dapat menghasilkan uang dari karya fotografi kamu.

Snapwire

Bagaimana sebenarnya aplikasi Snapwire ini? Snapwire adalah aplikasi yang menghubungkan fotografer dengan pembeli foto.

Dengan kata lain, aplikasi ini dapat dianggap sebagai pasar online khusus untuk fotografi.

Kamu yang membutuhkan foto dengan karakteristik tertentu dapat mencarinya di Snapwire. Sedangkan, fotografer yang ingin menjual karyanya dapat mengunggahnya ke Snapwire.

Setiap kali foto terjual, fotografer akan mendapatkan komisi sebesar 50% dari harga jual.

Namun, tidak sembarang foto dapat diunggah dan dijual di aplikasi ini. Foto yang diunggah harus memiliki kualitas yang sangat baik.

Selain itu, ada tantangan dan permintaan khusus yang menawarkan komisi lebih besar bagi fotografer yang berpartisipasi. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik sebelum mengunggah dan menjual foto di aplikasi Snapwire.

5. Agora Image

Nama AplikasiAgora: The Worldwide Awards
Versi2.30.0
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal31 Mar 2017
Diupdate pada7 Mar 2023
DeveloperAGORA Awards

Jika ingin menjual foto online dengan komisi penuh, kamu bisa mencoba aplikasi Agora Image. Dalam aplikasi ini, kamu akan mendapatkan keuntungan sampai 100% setiap kali foto yang diunggah terjual. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh penghasilan yang melimpah.

Tidak perlu khawatir meski kamu seorang fotografer pemula, karena Agora Image digunakan oleh semua kalangan, baik itu fotografer pemula maupun profesional.

Yang terpenting adalah kualitas foto yang dijual semakin baik, maka semakin besar peluang foto tersebut laku dengan harga tinggi.

Sistem yang digunakan di aplikasi ini adalah, pengguna mengunggah foto kamu dan menunggu sampai mendapatkan bintang dari pengunjung.

Semakin banyak bintang yang diperoleh, maka semakin besar peluang foto tersebut terjual dengan harga yang tinggi.

Jadi, kuncinya adalah mengunggah foto yang menarik dan berkualitas tinggi, yang dapat memikat pengunjung dan membuat kamu memberikan bintang pada foto tersebut. Dengan begitu, kesempatan foto tersebut terjual dengan harga yang tinggi semakin besar.

6. OpenSea

Nama AplikasiOpenSea: NFT marketplace
Versi2.12.2
Perlu Android versi7.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal15 Sep 2021
Diupdate pada14 Feb 2023
DeveloperOpenSea

Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang Ghozalie, seorang kreator foto yang menjadi viral dan berhasil mendapatkan penghasilan sampai miliaran rupiah.

OpenSea

Ia menjual foto selfie-nya di OpenSea sebagai NFT dan berhasil meraih penghasilan yang sangat besar dari sana.

Ghozalie dilaporkan telah memperoleh keuntungan hingga Rp1,5 miliar dari menjual foto selfienya setiap hari di aplikasi tersebut. Mungkin kamu tidak akan seberuntung dia, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, siapa tahu rejeki kamu juga ada di sana.

7. ScoopShot

Rekomendasi berikut adalah salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk menjual foto. Para pengguna situs ini pasti akan merasakan banyak manfaat di dalamnya.

Kamu bisa mencoba menggunakan situs ScoopShot untuk menjual berbagai jenis foto, bahkan video juga bisa terjual di aplikasi ini.

Selain menjual, website jual foto NFT ini juga menyediakan kontes pada acara tertentu. Banyak orang yang mengikuti kontes ini karena hadiahnya yang sangat menarik. Bahkan ini bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan penuh tanpa ada potongan.

8. Markedshot

Mungkin kamu belum pernah mendengar aplikasi ini, karena namanya belum sepopuler Shutterstock atau Snapwire. Tapi, jangan salah, walaupun belum banyak pengguna, aplikasi ini tetap bisa diandalkan untuk menghasilkan uang dengan menjual foto.

Jika kamu memiliki koleksi foto yang berkualitas, jangan biarkan hanya terdiam di galeri atau kartu memori. Kamu bisa menghasilkan uang dari foto-foto tersebut dengan menjualnya di aplikasi Markedshot.

Tidak hanya untuk para profesional, aplikasi ini juga menyambut para pemula. Setiap kali foto terjual, kamu berhak mendapatkan komisi sekitar 50% dari harga jual foto tersebut.

Walaupun tidak terlalu banyak, namun jika kamu rajin dan berhasil menjual banyak foto, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Markedshot

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai portofolio untuk fotografer. Jika ingin melamar menjadi fotografer tetap di suatu perusahaan, kamu bisa melampirkan data di aplikasi ini. Tentunya ini bisa menjadi nilai tambah, terutama untuk klien yang berasal dari luar negeri.

Kesimpulan

Dengan menggunakan aplikasi jual foto online, kamu bisa mendapatkan uang tambahan hanya dengan menjual foto terbaik yang sudah kamu potret.

Demikian informasi tentang 8 aplikasi jual foto online yang bisa menghasilkan uang, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.